AHLAN WA SAHLAN SAUDARAKU

SELAMAT DATANG DI PESONA KEHIDUPAN SANTRI PONDOK PESANTREN MODERN TERPADU NURUL QOMAR "SANTRI BERPRESTASI UNTUK NEGERI"

Senin, 25 Juni 2018

12 GOLONGAN YANG DIBANGKITKAN DIHARI KIAMAT

ISRA MIRAJ NABI MUHAMMAD SAW

"12 GOLONGAN YANG AKAN DIBANGKITKAN DI HARI KIAMAT NANTI"

Sahabat LANGIT BIRU yang dirahmati Allah SWT, Ada sebuah kisah dimana sahabat nabi yang bernama Mu’az bin Jabal bertanya kepada Rosulullah SAW, Ya Rosululloh, beritahukan kepadaku tentang maksud ayat :

يَوْمَ يُنْفَخُ فِى الصُّوْرِ فَتَأْتُوْنَ أَفْوَاجًا

“Yaitu hari ( yang pada waktu itu ) ditiup sangkakala lalu kamu datang berkelompok-kelompok”. [QS. An-Naba’ : 18]

Tiba-tiba Rosululloh SAW menangis hingga basah baju beliau karena air mata, lalu beliau  berkata,”Wahai Mu’az, engkau telah menanyakan perkara besar kepadaku dimana kelak dihari kiamat umatku akan dikumpulkan terbagi atas dua belas golongan:

1. GOLONGAN PERTAMA 
Mereka dibangkitkan dari kuburnya dalam keadaan tidak memiliki tangan dan kaki, mereka adalah orang-orang yang suka menyakiti tetangganya.

عَنْ اَبِيْ هُرَيْرَةَ رض قَالَ رَسُوْلُ اللهِ  ص م :لَايَدْخُلُ اْلجَنَّةَ مَنْ لَا يَأْمَنُ جَارُهُ بِوَائِقِهِ

“Dari Abu Hurairah ra, Rosululloh SAW bersabda: “Tidak dapat masuk surga orang yang tetangganya tidak merasa aman dari gangguannya” 
[HR. Muslim]

2. GOLONGAN KEDUA
Mereka dibangkitkan dari kuburnya dalam keadaan wajah mereka berubah menjadi wajah babi. Mereka adalah orang-orang yang ketika didunia menyepelekan sholat lima waktu.

فَوَيْلٌ لِلْمُصَلِّيْنَ الَّذِيْنَ هُمْ فِى صَلَاتِهِمْ سَاهُوْنَ

“Maka celakalah orang-orang yang mengrjakan sholat, (yaitu) orang-orang yang melalaikan sholatnya” 
[QS. Al-Ma’un : 4-5]

سَأَلْتُ رَسُوْلَ اللهِ ص م عَنِ الَّذِيْنَ هُمْ صَلَاتِهِمْ سَاهُوْنَ, قَالَ: هُوَ تَأْخِيْرُاْلوَقْتِ

“Aku bertanya kepada Rosululloh SAW tentang orang yang melalaikan sholat, maka beliau menjawab: maksudnya adalah orang yang melambatkan atau mengakhirkan sholatnya. [HR, Al-Bazzar]

3. GOLONGAN KETIGA
Mereka dibangkitkan dari kuburnya dalam keadaan perut mereka seperti gunung. Mereka adalah orang-orang yang ketika didunia tidak mau mengeluarkan zakat.

وَوَيْلُ لِلْمُشْرِكِيْنَ الَّذِيْنَ لَا يُؤْتُوْنَ الزَّكَـاةَ

“Dan kecelakaan besarlah bagi orang-orang yang mempersekutuka-Nya; (yaitu) orang-orang yang tidak menunaikan zakat".
[QS. Fushshilat : 6-7]

4. GOLONGAN KEEMPAT
Mereka dibangkitkan dari kuburnya dalam keadaan mulut mereka mengalir darah. Mereka adalah orang-orang yang suka berbohong dalam jual beli.

فَنَجْعَلُ لَعْنَةَ اللهِ عَلىٰ اْلكٰذِبِيْنَ

"Maka kami meminta agar La’nat Allah ditimpakan kepada orang-orang yang dusta". [QS. Ali ‘Imron : 61]

5. GOLONGAN KELIMA
Mereka dibangkitkan dari kuburnya dalam keadaan tubuh mereka mengeluarkan bau busuk. Mereka adalah orang-orang yang ketika didunia menyembunyikan kemaksiatan mereka karena takut kepada manusia dan sedangkan mereka tidak takut kepada Allah SWT.

وَيْلٌ لِمَنْ يَكْثُرُ ذِكْرُاللهِ فٖى لِسَانِهِ وَيَعْصٖى اللهَ فٖى عَمَلِهِ

"Celaka orang yang banyak dzikrulloh dengan lidahnya  tapi bermaksiat kepada Allah dengan perbuatannya".
[HR. Ibnu Hibban]

6. GOLONGAN KEENAM
Mereka dibangkitkan dari kuburnya dalam keadaan kerongkongan dan tengkuknya terputus. Mereka adalah orang-orang yang ketika di dunia melakukan kesaksian palsu.

وَالَّذِيْنَ لَايَشْهَدُوْنَ الزُّوْرَ

"Dan orang-orang yang tidak memberikan persaksian palsu".
[QS. Al-Furqon :72]

7. GOLONGAN KETUJUH
Mereka dibangkitkan dari kuburnya dalam keadaan tidak memilki lidah dan dari mulut mereka keluar nanah dan darah. Mereka adalah orang-orang yang ketika didunia  menolak untuk memberikan kesaksian.

ألا أخبركم بخيرالشهداء ؟ الذى يأتى بشهادته قبل ان يسألها

"Maukah aku beritahukan saksi yang paling baik ? yaitu yang datang member kesaksian sebelum dimintai kesaksiannya".
[HR. Muslim]

8. GOLONGAN KEDELAPAN
Mereka dibangkitkan dari kuburnya dalam keadaan posisi kepala dan kaki mereka bertukar (terbalik). Mereka adalah orang-orang yang ketika didunia berbuat zina dan mati belum sempat bertaubat.

وَلَا تَقْرَبُ الزِّنآ إِنَّهٗ كَانَ فَاحِشَةً وَّسَاءَ سَبِيْلًا

“Janganlah kamu mendekati zina, sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji dan suatu jalan yang buruk”
[QS. Al-Isro’ : 32]

9. GOLONGAN KESEMBILAN 
Mereka dibangkitkan dari kuburnya dalam keadaan wajahnya menghitam, matanya buta dan perutnya penuh dengan api. Mereka adalah orang-orang yang ketika didunia memakan harta anak yatim secara dzolim.

إِنَّ الَّذِيْنَ يَأْكُلُوْنَ اَمْوَالَ اْليَتٰمٰى ظُلْمًا إِنَّمَا يَأْكُلُوْنَ فٖى بُطُوْنِهِمْ نَارًا قلىوَسَيَصْلَوْنَ سَعِيْرًا

“Sesungguhnya orang-orang yang memakan harta anak yatim secara dzolim, sebenarnya mereka itu menelan api sepenuh perutnya dan mereka akan masuk kedalam api yang menyala-nyala”
[QS. An-Nisa’ : 10]

10. GOLONGAN KESEPULUH 
Mereka dibangkitkan dari kuburnya dalam keadaan dipenuhi dengan penyakit kusta dan sopak (belang). Mereka adalah orang-orang yang ketika didunia durhaka kepada kedua orang tua.

وَوَصَّيْنَاْلاِنْسَانَ بِوَالِدَيْهِ حَمَلَتْهُ اُمُّهٗ وَهْنًا عَلىٰ وَهْنٍ وَفِصَالُهٗ فٖى عَامَيْنِ اَنِ اشْكُرْلِيْ وَلِوَالِدَيْكَ اِلَيَّ اْلمَصِيْرُ

“Dan kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu bapaknya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun, bersyukurlah kepada-Ku dan dua orang ibu bapak-Mu, hanya kepada-Kulah kembalimu”.
[QS.Luqman : 14]

11. GOLONGAN KESEBELAS
Mereka dibangkitkan dari kuburnya dalam keadaan kedua mata mereka terbalik dan buta serta gigi mereka seperti tanduk kerbau, bibir mereka jatuh hingga dada mereka, lidah mereka terjulur sampai keperut dan paha mereka, dari perut mereka keluar kotoran. Mereka adalah orang-orang yang ketika didunia pemenum minuman keras.

أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ قَالَ: لَعَنْتُ اْلخَمْرَ بِعَيْنِهَا وَشَارِبَهَا وَشَاقِيَهَا وَبَائِعَهَا وَمُبْتَاعَهَا وعَاصِرَهَا وَمُعْتَصِرَهَا وَحَامِلَهَا وَاْلمَحْمُوْلَهَا اِلَيْهِ وَآكِلَ ثَمَنِهَا

“Sesungguhnya Rosululloh SAW bersabda : “Aku mengutuk khamr, peminum, penjamu, penjual, pembeli, pemerah, yang diperahkan, pembawa, yang dibawakan, dan pemakan harganya”
[HR. Abu Dawud]

12. GOLONGAN KEDUA BELAS
Mereka dibangkitkan dari kuburnya dalam keadaan wajah mereka seperti bulan dimalam purnama, mereka lewat diatas Shirotal Mustaqim seperti kilat menyambar. Mereka adalah orang-orang yang ketika didunia benyak melakukan ‘amal sholeh dan kebaikan, menjauhkan diri dari segala dosa dan kemaksiatan, mereka juga memelihara sholat lima waktu, mereka mati dalam keadaan betaubat. Surga adalah balasan untuk mereka, mereka diampuni, dirahmati dan diridhoi.

إِنَّ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَعَمِلُواالصَّالِحَاتِ اُولۤئِكَ هُمْ خَيْرُاْلبَرِيَّةِ ۝ جَزَائُهُمْ عِنْدَرَبِّهِمْ جَنّٰتِ عَدْنٍ تَجْرِيْ مِنْ تَحْتِهَا اْلأَنْهٰرُ خٰلِدِيْنِ فِيْهَا اَبَدًا قلى رَضِيَ اللهُ عَنْهُمْ وَرَضُوْاعَنْهُ قلى ذٰلِكَ لِمَنْ خَشِيَ رَبَّهٗ  ۝

“Sesungguhnya orang-orang yang berima dan mengerjakan ‘amal sholeh mereka itu adalah sebaik-baik makhluk. Balasan mereka disisi Tuhan mereka ialah Surga ‘And yang mengalir dibawahnya sungai-sungai; mereka kekal didalamnya, Allah ridho terhadap mereka dan meekapun ridho kepada-Nya. Yang demikian itu adalah (balasan) bagi orang-orang yang takut kepada Tuhannya”.
[QS. Al-Bayyinah : 7-8]


BY : ARDHI IMAM SAPUTRA

Tidak ada komentar:

KHUTBAH JUM'AT 008 : SHALAT !!! ISRA' MI'RAJ NYA UMAT NABI MUHAMMAD

Semoga Bermanfat Buat Kita Semua ... Salam Ta'zhim Al-Faqir Ardhi Imam Saputra SILAHKAN DOWNLOAD DISINI !!!